Selasa, 09 November 2010

PANDANGAN HABIB UMAR ALHABSYIE, MA TENTANG ALKHAIRAAT

Habib Umar Idrus Al Habsyi, LC.M.Ag,
Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah PP HPA)

Para Kader Harus Berkontribusi Bagi Kemajuan Al Khairaat

Bagi Habib Umar, ke depan Al Khairaat akan memiliki peran yang semakin baik. Sebab, selain karena kebu¬tuhan masyarakat yang tinggi terhadap peran-peran lembaga seperti Al Khairaat, juga karena lembaga semacam ini masih sangat terbatas di Sulawesi Tengah. Jadi, ke¬beradaan serta peran Al Khairaat sangat diperlukan.
Sebenarnya, yang diinginkan oleh masyarakat saat ini adalah dakwah yang turun langsung ke lapangan, seperti yang dilakukan oleh Guru Tua. Masyarakat sudah jenuh dengan dakwah-dakwah yang sebatas teori saja, tapi tidak ada prakteknya.
Dakwah tak lepas dari pendidikan. Seperti apa wajah pendidi¬kan, akan menentukan dakwahnya. Sebab para pendakwah tak lain adalah anak didik yang selesai dengan pendidikannya. Den¬gan berdawkah mereka mengamalkan ilmunya. Jadi, jika kita ingin dakwah semakin baik, maka pendidikan juga harus dibenahi.
Menurut Habib Umar, yang dapat menjawab tantangan kede¬pan adalah Al Khairaat sendiri. Bagaimana Al Khairaat melakukan pembenahan dan menjalankan perannya, hal itu akan menentu¬kan Al Khairaat kedepan. Satu hal yang penting bahwa para kader Al Khairaat hendaknya memberikan kontribusi pada Al Khairaat. Mereka telah mendapatkan manfaat dari keberadaan Al Khairaat. Maka, cara terbaik untuk membalas budi adalah dengan memberi¬kan kontribusi dan pengabdian pada Al Khairaat. Dalam hal ini, sosok Guru Tua adalah contoh terbaik. Beliau mengabdikan hidup dan hartanya untuk Al Khairaat. Beliau tidak pernah berharap im¬balan dari jasa-jasa yang diberikannya.[]
Oleh: Inong Lasarumi, SH


Al Khairaat News Edisi Khusus Khusus Khaul[September 2010]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar