Selasa, 09 November 2010

Harapan SBY (President RI) kepada Al Khairaat

Harapan SBY kepada Al Khairaat


“Pada kesempatan yang baik ini pula atas nama Negara, atas nama Pe¬merintah dan selaku pribadi saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Alkhairaat yang sudah 78 tahun berjuang, berkontribusi, memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. Perjuangan dan peng¬abdian lembaga yang kita cintai ini tercatat abadi dalam sejarah bangsa kita. Saya juga tentu mengucapkan selamat bermuktamar besar pada tahun 2008 ini dan semoga Muk¬tamar Besar ini menghasilkan sesuatu yang membawa kebaikan, baik bagi Alkhairaat maupun bagi umat, bagi masyarakat dan tentunya juga bagi bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai.
Kita sama-sama mengetahui bahwa Alkhairaat, sekali lagi telah memberikan peran dan pengabdian yang luar biasa di wilayah ini dan di negara kita. Lembaga ini juga telah tumbuh berkembang menjadi lembaga yang kuat dan besar, yang bergerak di bidang pen¬didikan, dakwah dan usaha sosial. Oleh karena itu mengingat peran dan sumbangan yang luar biasa dari Alkhairaat baik kepada kehidu¬pan umat, masyarakat, dan daerah, dan ten¬tunya bangsa dan negara tadi, maka saya in¬struksikan kepada para Menteri terkait untuk termasuk para Gubernur dimana Alkhairaat berada, menjadikan Alkhairaat sebagai part¬ner atau mitra dalam melaksanakan pemban¬gunan utamanya di bidang pendidikan, dak¬wah dan usaha sosial.
Berikanlah bantuan kepada Alkhairaat, karena bantuan ini akan digunakan bukan untuk apa-apa tetapi untuk meningkatkan pendidikan, melaksanakan dakwah dan men¬jalankan usaha sosial, yang semuanya itu ses¬ungguhnya juga untuk membantu umat dan rakyat kita. Dan dalam rehabilitasi dan rekon¬struksi Sulawesi Tengah pasca konflik yang lalu, yang sekali kita sampaikan dalam kesempatan ini, Pemerintah Pusat telah menuangkannya dalam Instruksi Presiden, Inpres nomor 7 yang telah saya tandatangani beberapa hari setelah 17 Agustus yang lalu yang menjadi kebijakan, program beserta anggaran yang dipadukan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, saya meminta agar Alkhairaat juga diperankan dan dijadikan bagian dalam pros¬es percepatan pembangunan Sulawesi Ten¬gah ini. Saya akan memantau pelaksanaannya nanti dan silakan disampaikan kepada saya apa yang dilakukan dan ikut diperankan oleh lembaga yang sama-sama kita cintai ini.
Ada tiga pilar kehidupan yang harus sama-sama kita bangun ke depan ini agar Indonesia benar-benar menjadi negara maju di abad 21 ini adalah yang pertama kita harus meningkatkan kemandirian sebagai bangsa. Yang kedua, kita juga harus meningkatkan daya saing kita sebagai bangsa. Dan yang ketiga, kita harus membangun peradaban bangsa yang terhormat dan mulia.
Kalau kita berbicara pada tiga pilar ke¬hidupan itu saya yakin dan saya berharap Alkhairaat dapat berperan lebih aktif lagi, lebih kontributif lagi dimana Alkhairaat bertu¬gas dan menjalankan misinya agar apa yang dilakukan oleh Alkhairaat ini menjadi bagian dari upaya seluruh bangsa Indonesia untuk membangun kemandirian, daya saing dan peradaban bangsa yang mulia tadi.
Bicara pendidikan, maka kita membi¬carakan dimensi, dimensi pendidikan yang lebih luas. Pertama pendidikan berdimensi keimanan, yang kedua berdimensi keilmuan, yang ketiga berdimensi keterampilan bukan hanya mengerti teori tapi bisa menjalankan dalam praktek dan yang keempat berdimensi kepribadian, karakter, akhlak, budi pekerti dan hal-hal yang berkaitan dengan itu.
Manusia yang maju adalah manusia yang beriman dan berakhlak, dan kemudian manusia yang berilmu atau mereka-mereka yang rasional. Lembaga-lembaga pendidikan Alkhairaat yang jumlahnya sangat besar tadi, dari yang paling dini sampai ketingkat Uni¬versitas saya harapkan benar-benar bisa men-capai tujuan dan sasaran pendidikan dengan dimensi-dimensi yang saya sampaikan tadi. Manusia paripurna, manusia yang lengkap segalanya untuk menjalani kehidupan yang positif di negeri tercinta ini.”

(Petikan sebagian isi Pidato Sambutan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia pada acara Pembukaan Muktamar Besar ke-IX Al Khairaat.kepada Al Khairaat)

Al Khairaat News Edisi Khusus Khusus Khaul[September 2010]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar