Selasa, 09 November 2010

Pandangan Habib Idrus bin Abdillah al Jufrie : SINERGI AL KHAIRAAT DAN PEMERINTAH

Habib Idrus bin Abdillah al Jufrie
SINERGI AL KHAIRAAT DAN PEMERINTAH


Habib Idrus menilai bahwa dalam perspektif pendidikan dan dakwah tantangan Al Khairaat kedepan adalah kemampuan untuk membangun konsep dan strategi yang komprehensif. Al Khairaat hendaknya bercermin pada apa yang diterapkan oleh Muhamadiyah dan Nahdatul Ulama (NU). Kita harus mengikuti perkembangan yang ada. Termasuk juga perkembangan dari kebijakan pemerintah, dimana kita juga bisa bersinergi menjalin kerjasama dengan departemen atau lembaga pemerintah.
Misalnya, departemen pendidikan yang memiliki banyak program pendidikan. Al Khairaat bisa turut serta menjadi mitra kerjasama yang turut berpartisipasi menyukseskan program-program pendidikan tersebut. Pada saat yang sama, Al Khairaat juga harus melakukan regenerasi dan kaderisasi secara baik. Sehingga bisa melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Sementara dari segi ekonomi dan dakwah, menurut Habib Idrus, tantangan utamanya adalah optimalisasi sayap ekonomi dari lembaga Al Khairaat. Selama ini, sayap ini masih belum maksimal kinerjanya. Sayap ini harus mampu melakukan terobosan dan langkah kreatif untuk mengembangkan peran dan kinerja Al Khairaat dalam bidang ekonomi.
Apalagi, Al Khairaat memiliki sumber daya yang bisa difungsikan secara maksimal. Misalnya, sumber daya tanah yang cukup luas. Sumber daya tersebut sebenarnya bisa dikelola secara otpimal dan kreatif, sehingga bisa memiliki kontribusi ekonomis bagi Al Khairaat.
Dalam hal dakwah, Habib Idrus melihat bahwa Al Khairaat memiliki metode dakwah yang sangat baik, yang terinspirasi dari metode dakwah yang diterapkan oleh Guru Tua. Beliau melakukan dakwah dengan perdamaian, tidak ada kekerasan. Beliau juga berdakwah dengan tauladan, praktek, bukan hanya ceramah saja. Beliau juga sosok yang suka menciptakan syair-syair. Dan itu juga salah satu cara beliau berdakwah.
Habib Idrus berharap kedepan, Al Khairaat bisa bersinergi dengan pemerintah untuk bekerjasama. Karena bagaimanapun, Al Khairaat juga telah memberikan kontribusi besar bagi Sulawesi Tengah. Baik dalam bidang pendidikan maupun dakwah. Sinergi dan kerjasama dengan pemerintah sangat diperlukan untuk memajukan Al Khairaat. Salah satu aspek yang strategi untuk kerjasama dengan pemerintah adalah pendidikan.

Oleh: Sadig Bachmid (Kandidat Strata 1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar